Kamis, 19 Maret 2015

ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG ZALORA MEMAKAI DIMENSI KUALITAS WEBSITE

ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG ZALORA MEMAKAI DIMENSI KUALITAS WEBSITE

1.1     Pendahuluan
Kemajuan teknologi komputer dalam segala bidang ilmu pengetahuan dikehidupan sehari-hari memang peranan yang cukup besar.Komputer biasanya digunakan untuk menghasilkan atau membuat suatu informasi.Internet merupakan media informasi yang sangat cepat dan efisien dalam penyebaran informasi dan tidak lepas oleh jarak dan waktu, sehingga keberadaan media ini telah membentuk suatu budaya masyarakat yang baru, untuk mencari informasi diinternet dapat dilakukan dengan mengujungi situs yang berhubungan dengan informasi yang dibutuhkan.Website merupakam salah satu aplikasi pada internet yang berupa informasi hypertext, dimana pencari informasi dapat membaca dan menelusuri informasi tersebut secara virtual tanpa terikat pada media tertentu.Melalui website dapat memasarkan produk dan jasa.Perkembangan internet telah mempengaruhi perkembangan ekonomi, berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan tatap muka, kini sangat mudah dan sering dilakukan internet transaksi jual beli melalui internet ini disebut e-commerce.Untuk menunjang kehadiran ecommerce, website merupakan salah satu komponen penting.Karena, para pengguna internet yang ingin berbelanja secara online pasti mengunjungi website terdahulu dan setelah itu memilih barang yang ingin di beli.Website adalah salah satu sistem dimana informasi dalam bentukteks, gambar, suara, dan lain-lain yang dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebit browser.Onlineshop Zalora terdapat penurunan responden yang mengunjungi website, perkiraan banyaknya responden yang mengunjungi website Zalora, dari traffic bounce dalam persen (%), bahwa adanya traffik yang melambung jauh turun.Pada awal tahun 2012 telah terjadi penurunan yang sangat jauh sari tahun sebelumnya, dimana adanya penurunan orang yang mengujungi website Zalora tanpa melihat semua halaman atau info-info yang diberikan dalam website Zalora.Sehingga penulis ingin meneliti kualitas website Zalora terhadap ekspetasi, persepsi dan kepuasan pengujung website Zalora, apakah sudah memenuhi kebutuhan pengunjung saat melihat website zalora tersebut.Karena sekarang banyaknya penjualan secara online, banyak website yang bersaing dengan cara memberikan tampilan yang menarik di situs website mereka sendiri, dengan memberikan pelayanan dan informasi yang akurat sehingga para konsumen tidak ragu untuk bertransaksi untuk membeli suatu barang, keunikan dari website Zalora sendiri adalah Zalora salah satu cabang Zalando di Eropa, Zalora menjual berbagai macam merek terkenal, Zalora memberikan ongkos gratis sehingga banyak orang yang tertarik dengan yang ditawarkan, Zaloramembuat website yang menarik sehingga banyak konsumen yang tidak bosan, dan Zalora mempunyai banyak iklan, misalkan setiap kita buka link lain akan muncul link iklan website Zalora.Maka dari itu Zalora Indonesia membuat situs website zalora.co.id untuk para konsumen agar lebih mudah melihat produk yang diberikan dan semua informasi yang lengkap tentang zalora.Website zalora sendiri dibuat semenarik mungkin agar konsumen yang mengujungi website
zalora memiliki kepuasan untuk melihat produk yang diberikan sehingga dapat terjadinya transaksi beli.Jika sudah terjadi transaksi beli maka sudah mencapai kepuasan pelanggan.Dilihat dari produk-produk yang dijual oleh Zalora lebih disukai dan diminati oleh para remaja atau mahasiswa, maka penulis mengambil populasi dan sample mahasiswa Telkom University sebagai responden yang di teliti.Melalui website juga zalora memberikan informasi barang yang sale dan barang baru, sehingga konsumen tidak harus pergi ketoko untuk melihat barang-barang baru yang ingin dibeli.Dizalora konsumen cukup masuk kesitus website zalora dan meng-klik informasi yang diinginkan dan tinggal melakukan transaksi.Dengan munculnya belanja online banyak mempermudah orang untuk tidak lagi mengeluarkan tenaga untuk pergi ketoko cukup hanya mencari website toko tersebut dan melakukan transaksi.Karena itu penelitian ini bermaksud mengetahui kepuasan pelanggan yang mengujungi website ZALORA Indonesia zalora.co.id dengan memakai dimensi kualitas website melalui penelitian yang berjudul ANALISIS KEPUASAN PENGUJUNG ZALORA MEMAKAI DIMENSI KUALITAS WEBSITE.
1.2     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Ekspetasi kualitas website pengunjung Zalora?
2.      Bagaimana persepsi kualitas website pengunjung Zalora ?
3.      Bagaimana kepuasan pengunjung Zalora?
1.3     Metode Penelitian
Berdasarkan latar belakang rumusan masalah dan tujuan penelitian.Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian deskriptif, studi deskriptif dilakukan untuk mengetahui dan menjadi mampu untuk menjelaskan karakteristik variabel yang diteliti dalam suatu situasi (Sekaran 2011:158). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepuasan pelanggan memakai dimensi kualitas website. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey melalui kuisioner. Penelitian ini menggambarkan dimensi kualitas website dalam kepuasan pelanggan yang surveynya dilakukan pada tahun 2013. Variabel Operasional Menurut Sekaran (2006:4), mengoperasikan variabel berarti mendefinisikan sebuah konsep secara operasional tidak meliputi penguraian alasan, latar belakang, konsekuensi, atau korelasi konsep. Menurut Sekaran dan Bougie (2010:127), menyatakan bahwa yang dimaksud dengan operasionalisasi adalah “(sebuah teknik yang dilakukan dengan cara menurunkan konsep atau teori kedalam beberapa perilaku atau karakteristikkarakteristik).
Analisis GAP Gap = Persepsi – Ekspektasi Jika telah diketahui persepsi dan ekspektasi rata-rata, maka dilakukan perhitungan gap antara kedua hal tersebut.Nilai selisih antara persepsi dan ekspektasi ini menunjukkan tingkat keberhasilan implementasi yang dilakukan. Adapun rumus untuk mencari nilai gap adalah: Gap = Persepsi – Ekspektasi Untuk tingkat kinerja, yang paling rendah terjadi pada saat kinerja jauh di bawah harapan, yaitu pada saat kinerja minimum  : (1) sedangkan harapan maksimum (4). Skor minimum diperoleh adalah 1-4 = -3. Sebaliknya tingkat kinerja maksimun (4) sedangkan harapan minimum (1), skor maksimumnya adalah 4-1 = 3.Jadi, rentang tingkat kinerjanya adalah -3 sampai dengan 3.
1.4     Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil beberapa kesimpulan yang diharapkan dan memeberikan jawaban terhadap rumusan masalah dan tujuan penelitian, yaitu sebagai berikut: 1. Berdasarkan tanggapan responden, Ekspetasi kualitas website Zalora masih rendah dikarenakan hasil Gap yang dicapai adalah -0,107, dimana Kualitas Pengguna memiliki Gap tertinggi 0,028 yaitu Tampilan Menarik, Kualitas Informasi memiliki Gap tertinggi 0,025 Informasi Yang Detail, dan Kualitas Interaksi 0,12 yaitu Memiliki Reputasi Yang Bagus. 2. Berdasarkan hasil tanggapan responden, Presepsi kualitas website Zalora masih rendah dikarenakan hasil Gap yang dicapai adalah -0,107, dimana Kualitas Pengguna memiliki Gap tertinggi 0,028 yaitu Tampilan Menarik, Kualitas Informasi memiliki Gap tertinggi 0,025 Informasi Yang Detail, dan Kualitas Interaksi 0,12 yaitu Memiliki Reputasi Yang Bagus. 3. Berdasarkan hasil analisis GAP yang dilakukan bisa dinyatakan bahwa website Zalora belum memenuhi kebutuhan pengunjung Zalora dan pengujung Zalora belum puas dengan dimensi kualitas website Zalora. Saran Berdasarkan kesimpulan di atas, menunjukkan hasil yang kurang bagus bagi Zalora dilihat dari hasil Gap tertinggi yaitu -0,107 di Kualitas Penggunaan bahwa masih banyak responden yang kurang tertarik dengan tampilan yang diberikan website Zalora, maka dari itu Zalora harus meningkatkan tampilan websitenya lebih bagus lagi agar lebih banyak responden yang tertarik untuk mengunjungi website Zalora. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis kepuasan pengunjung, tenyata pengunjung website Zalora belum puas derngan pelayanan website Zalora maka dari itu Zalora harus terus menganalisis pengunjung website Zalora sehingga mengetahui informasi apa yang dibutuhkan pengunjung. Penulis ingin mengajukan saran untuk penelitian selanjutnya dalam rangka pengembangan penelitian pada topik yang sama adalah penelitian selanjutnya dapat menganalisis kepuasan responden memakai salah satu dari ke empat Gap yang ada antara lain Kesenjangan antara harapan konsumen dan presepsi manajemen, Kesenjangan antara presepsi manajemen dan spesifikasi kualitas jasa, Kesenjangan antara spesifikasi kualitas jasa dan penghantaran jasa, dan Kesenjangan antara penghantaran jasa dan komunikasi ekseternal.


Baca Selengkapnya Di :

https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=aGELVaiaOI-2uASA24LQCw#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar